Apa manfaat kesehatan dari kompot?

Sayur-sayuran

Minuman yang menyenangkan dan bermanfaat ini akrab bagi semua orang tanpa kecuali. Paling sering untuk persiapannya digunakan berbagai buah, bua h-buahan kering dan buah beri. Mereka menentukan rasa dan sifat nutrisi kaldu.

Manfaat kompot sangat tinggi sehingga biasanya dimasukkan bahkan dalam diet terapeutik untuk banyak penyakit. Oleh karena itu, perlu untuk merinci sifa t-sifat paling penting dari minuman dan resep untuk persiapannya. Juga perlu untuk menyebutkan situasi di mana mungkin tidak terlalu sehat.

Komposisi Kimia dan Kandungan Kalori dari Kotak

Penting untuk mendaftar semua zat kimia terpenting bagi tubuh manusia, yang sebagian besar menjelaskan nilai nutrisi yang tinggi dari minuman.

Rebus buah biasanya meliputi:

  • asam amino;
  • besi;
  • antioksidan;
  • yodium;
  • serat;
  • kalium;
  • pati;
  • kalsium;
  • pektin;
  • magnesium;
  • asam ursolik;
  • orang mangan;
  • tembaga;
  • sodium;
  • selenium;
  • fosfor;
  • fluor;
  • seng, dll.

Jika kita berbicara tentang apakah buah dari kompot bermanfaat, komposisinya berharga untuk zat yang aktif secara biologis, yang mengandung bahan baku dari mana ia dibuat. Biasanya, minuman selalu diperkaya dengan vitamin berikut: A, karoten, niasin, piridoksin, tiamin, asam folat, cyanocobalamin, c, e, h, pp, k dan lainnya.

100 mL kaldu buah mengandung 0, 1 g lemak, 0, 75 g protein, 2, 1 g protein, 15 g karbohidrat. Jika bahan baku mengandung peningkatan kadar glukosa atau fruktosa, nilai kalori akan lebih tinggi. Biasanya sekitar 65 kkal. Penambahan gula atau nutrisi lain juga memainkan peran besar.

Variasi elemen yang paling penting dapat mengintensifkan proses energi, mengkompensasi kurangnya mineral, memulai sistem regenerasi jaringan, menormalkan sistem saraf, menstabilkan metabolisme, meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan memperkuat pertahanan tubuh.

Sifat kompot untuk tubuh

Zat terpenting yang memperkaya minuman, menetapkan manfaatnya yang tidak diragukan bagi kesehatan manusia. Mereka, seperti yang telah disebutkan, sangat bermanfaat bagi sistem pencernaannya sehingga berbagai tabel terapeutik paling sering menyediakan untuk dimasukkan dalam diet.

Efek buah memungkinkan Anda untuk dengan cepat menghilangkan racun, memfasilitasi lambung dan usus, memiliki efek pencahar, membersihkan hati.

Minuman ini memiliki efek antisklerotik, meningkatkan kadar hemoglobin, membantu mencegah gangguan jantung dan mengurangi risiko tromboemboli.

Kotak juga berguna untuk pembuluh jantung dan darah. Efek menguntungkannya pada sistem peredaran darah dijelaskan oleh pengaruh pada miokardium kompleks vitamin dan mineral yang secara signifikan meningkatkan konduktivitasnya dan memperkuat dinding kapiler.

Vitamin B memudahkan untuk tertidur di malam hari, mengencangkan tubuh di siang hari, meningkatkan sistem saraf secara keseluruhan, mengurangi gejala depresi musiman, menenangkan orang.

Penggunaan kompot yang konstan menstabilkan ginjal, mencegah pembentukan batu, meningkatkan fungsi ekskresi tubuh.

Manfaat dan sifat obat

Betapa pentingnya berbagai buah dan beri, paling sering digunakan untuk persiapan minuman, ada baiknya disebutkan secara terpisah.

Bahan baku Manfaat Sifat kuratif
Apel Dengan cepat menghilangkan racun dari aliran darah. Memiliki efek antioksidan yang kuat. Tingkatkan proses hematopoiesis. Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Memiliki efek diuretik. Tingkatkan kandungan hemoglobin. Tingkatkan aktivitas sistem pencernaan.
Plum Memiliki efek analgesik. Menormalkan metabolisme. Hapus zat dan racun berbahaya. Memfasilitasi fungsi usus. Menstabilkan gambar darah. Meringankan sembelit.
ceri Meningkatkan aktivitas keseluruhan sistem pencernaan. Menstabilkan keadaan gugup orang tersebut. Mengaktifkan pekerjaan ginjal. Memfasilitasi sirkulasi otak.
Buah pir Normalisasi pekerjaan saluran pencernaan, memiliki efek analgesik, memperkuat dinding pembuluh darah. Memiliki sifat anti-inflamasi. Menstabilkan kondisi dalam patologi gastroenterologis dan jantung. Meringankan pembengkakan.
Buah kering Aktifkan metabolisme. Memperkaya tubuh dengan mineral. Nada sistem saraf. Membantu melawan avitaminosis. Memperkuat urin dan menghilangkan sembelit. Tingkatkan proses hematopoiesis. Adalah cara mencegah gangguan endokrin.

Bahaya dan kontraindikasi

Tidak semua orang harus mengonsumsi sejumlah besar kompot, manfaat dan bahaya bagi tubuh minuman seperti itu tergantung pada komposisi bahan baku yang termasuk di dalamnya. Harus diingat bahwa buah memiliki efek yang sangat jelas pada berbagai sistem. Oleh karena itu, pada beberapa orang bua h-buahan dan rebusan berry dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang cukup besar dengan penggunaannya yang tak terkendali.

Efek negatif seperti itu dijelaskan oleh kelimpahan serat, yang mengaktifkan peristalsis, dan tingginya kandungan asam, yang menyebabkan efek negatif pada rongga internal saluran pencernaan. Di hadapan penyakit ini, mereka dapat menyebabkan rasa sakit pasien, mulas, diare.

Setiap kolak dapat memicu reaksi alergi. Oleh karena itu, pertam a-tama Anda perlu memastikan bahwa buah dari mana itu diseduh, tidak akan membahayakan tubuh.

Terlarang untuk peradangan usus, gastritis, kelainan hati, kolesistitis, ulkus lambung untuk minum minuman dari ceri, blackberry, cranberry, gooseberry atau kismis.

Rebusan dari bua h-buahan manis atau kolak, di mana banyak gula ditambahkan, dikontraindikasikan dalam kecenderungan kelebihan berat badan, diabetes, gangguan endokrin.

Bagaimana menyiapkan kolak

Paling sering minuman vitamin dibuat dari:

  • aprikot;
  • ceri;
  • buah pir;
  • Kiwi;
  • cranberry;
  • jeruk lemon;
  • raspberi;
  • plum;
  • kismis;
  • tkemali;
  • apel, dll.

Persiapkan kolak sangat mudah. Ambil sekitar 0, 5 kg bahan baku, 2 liter air dan 100 gram gula. Jika buahnya manis, maka Anda perlu mengambil lebih sedikit pemanis. Jika asam, berguna untuk menambahkan madu ke dalam kaldu.

Bua h-buahan dicuci, dikupas dan dipotong menjadi potonga n-potongan kecil. Tuang volume air yang diperlukan. Rebus lalu biarkan dengan api kecil selama 20 menit.

Untuk membuat kolak dari buah kering paling sering digunakan pir, melon, kismis, ara, aprikot, kurma, prem, pinggul mawar, apel. Mereka bena r-benar dibilas dan disortir.

Untuk 200 g bahan baku mengambil 2 liter air. Gula ditambahkan dalam jumlah yang sama sebelum wajan dikeluarkan dari api. Rebus buah kering harus setidaknya setengah jam, dan dalam beberapa kasus 40 menit. Maka minuman harus dibuat untuk meresap dalam kehangatan.

Norma konsumsi kompot

Tidak disarankan untuk minum lebih dari 1 gelas kaldu buah sekaligus, bahkan orang yang sehat. Selain itu, lebih baik mengkonsumsinya hanya setelah makan. Dengan berbagai patologi, penting juga untuk mempertimbangkan komposisi kompot.

Biasanya dokter merekomendasikan penggunaannya untuk penyakit sistem pencernaan. Tetapi untuk memilih buah dan volume minuman yang diperlukan untuk normalisasi kesejahteraan pasien, perlu berkonsultasi dengan spesialis. Pastikan untuk memperhitungkan juga fase penyakit dan tingkat pengabaiannya. Ahli gizi menyarankan untuk menggunakan 100 gram rebusan buah-reraks dua kali sehari setelah makan.

Jika Anda memiliki gangguan endokrin, Anda harus menyiapkannya hanya setelah persetujuan dokter Anda. Pada diabetes, Anda tidak dapat menambahkan gula. Komposisi kompot juga dibahas secara rinci dengan ahli gizi.

Untuk rebusan terapeutik disarankan untuk mengambil pir, kismis, prem, apel. Diizinkan untuk menambahkan mint atau thyme. Tetapi Anda tidak dapat menggunakan pisang atau ceri. 1 Penerimaan tidak boleh melebihi 50-70 ml kompot.

Untuk anak-anak

Ana k-anak tidak boleh diberi minuman ini sampai mereka berusia 7 bulan. Jika seorang anak disusui, ia mendapatkan dari semua zat yang diperlukan seumur hidup. Jika ada kebutuhan untuk makan buatan, maka setelah berkonsultasi dengan dokter anak Anda diizinkan menggunakan infus buah dan lebih awal.

Setelah 7 bulan, diizinkan memberi anak setengah gelas minuman sehari. Total volume harus didistribusikan lebih dari 3 kali.

Pada 12 bulan, anak-anak dengan toleransi yang baik dan tidak adanya reaksi alergi didorong untuk minum rebusan buah-usaha 1 cangkir di sore hari dan opsional pada waktu lain dalam sehari.

Untuk pria

Yang sangat berguna adalah kolak bua h-buahan kering untuk jenis kelamin yang lebih kuat. Dia kaya akan vitamin dan elemen jejak yang memperkuat otot jantung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Minuman menormalkan latar belakang hormon, meningkatkan libido dan memperkaya komposisi sperma.

Penggunaan harian 100 gram rebusan vitamin pada siang hari mengaktifkan sirkulasi darah, menangkal perkembangan aterosklerosis, memperkuat tulang, secara signifikan meningkatkan sirkulasi darah, dan merupakan cara mencegah prostatitis.

Untuk wanita

Perwakilan dari jenis kelamin yang adil, minuman buah berguna dengan kecenderungan edema, selama menopause, dengan kekurangan vitamin yang nyata, yang menyebabkan masalah dengan konsepsi.

Selama kehamilan, rebusan buah-usaha tidak dikontraindikasikan, tetapi Anda tidak boleh meminumnya dalam jumlah besar dari setengah gelas per hari.

Kegunaan kompot selama kehamilan adalah memungkinkan:

  • secara efektif melawan sembelit;
  • menormalkan proses metabolisme;
  • nada tubuh;
  • mengurangi gejala toksisitas;
  • meningkatkan perkembangan janin;
  • Mempercepat pengangkatan cairan dari aliran darah;
  • menghilangkan kekurangan mikronutrien, dll.

Pir, plum, apel mengandung asam amino esensial, yang tanpanya tubuh embrio berkembang secara tidak cukup.

Setelah melahirkan, kompot memungkinkan Anda untuk dengan cepat memulihkan kesehatan dan meningkatkan komposisi ASI. Ini menormalkan aktivitas jantung, mencegah perkembangan migrain, mengurangi kelelahan, menghilangkan edema.

Minuman yang terbuat dari buah kering memuaskan tubuh bayi selama periode laktasi. Rebusan yang diperkaya dengan vitamin B, yang membantu meningkatkan aktivitas saraf dan memperkuat konduksi otot, menjadi sangat penting.

Ini juga merupakan sumber protein yang hebat, yang memperkuat kekebalan bayi.

Aturan dan ketentuan penyimpanan kompot

Penting untuk mengetahui bahwa minuman dengan cepat menjadi asam atau mulai berfermentasi. Karena itu, Anda perlu belajar dengan baik aturan penyimpanannya.

  1. Rebusan yang didinginkan hanya disimpan di lemari es.
  2. Di musim yang dingin, dapat diletakkan di balkon atau di luar jendela.
  3. Di daerah pedesaan itu dimasukkan ke dalam pot dengan air dingin atau di ruang bawah tanah.
  4. Perlu memastikan bahwa compote tidak tetap berada di mug di atas meja. Di musim panas itu diinginkan untuk menambahkan es.
  5. Anda perlu menuangkan minuman ke dalam cangkir porselen atau gelas.
  6. Simpan di tempat yang gelap.

Bahkan di lemari lemari es tidak boleh dibiarkan selama lebih dari 2 hari. Oleh karena itu, diinginkan untuk menyiapkannya dalam jumlah yang tepat. Minum dari buah kering bisa berdiri selama sekitar 4 hari. Secara bertahap bersikeras dan kegunaannya meningkat. Tetapi harus disimpan hanya dalam wadah kaca yang mencegah oksidasi.

Jika tidak diminum dalam periode yang diperlukan, Anda harus merebus rebusan di bawah tutupnya. Menjadi jelas bahwa kompot adalah minuman yang sangat berguna. Tetapi Anda harus menggunakannya hanya dalam jumlah yang disarankan, terutama di hadapan penyakit kronis. Juga diperlukan untuk mengetahui dengan tepat kontraindikasi, agar tidak menyebabkan kerusakan tubuh.

Makanan Sehat